Grafika komputer pada dasarnya adalah suatu bidang ilmu komputer
yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara
manusia dengan mesin (komputer) dengan jalan membangkitkan, menyimpan, dan
memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer. Grafika komputer
memungkinkan kita untuk berkomunikasi lewat gambar-gambar, bagan-bagan, dan
diagram-diagram. Grafika komputer dikembangkan melalui suatu sistem operasi
yang berbasis GUI (Graphical User Interface). Graphical User Interface (GUI),
dalam hubungannya dengan sains komputer, adalah suatu antarmuka berbentuk
tampilan yang memungkinkan seorang user untuk memilih perintah, menjalankan
program, melihat serangkaian file dan memilih opsi lain dengan menunjukkan representasi
gambar (icon) ataupun melalui sejumlah menu pada layar komputer. Beberapa
kemajuan utama dalam computer grafik 3D:
·
Flat shading : suatu teknik shades masing-masing polygon dari
suatu objek berdasarkan pada polygon “normal” dan posisi serta intensitas
sumber cahaya.
·
Gouraud shading : ditemukan oleh Henri Gouraud pada tahun 1971
dengan teknik resource-conscious yang digunakan untuk menirukan shade dengan
permukaan lembut dan penyisipan warna puncak antarpermukaan polygon.
·
Texture mapping : suatu teknik untuk menirukan detail permukaan
dengan pemetaan gambar (tekstur) menjadi polygons.
·
Phong shading : ditemukan oleh Bui Tuong Phong; suatu teknik
shading yang lembut penyisipan yang puncak mendekati normal pencahayaan dari
polygon curved-surface dengan antarpermukaan; model pencahayaan meliputi glossy
reflection dengan suatu tingkatan permukaan yang halus.
·
Bump mapping : ditemukan oleh Jim Blinn, suatu teknik
normal-perturbation yang digunakan untuk menirukan permukaan yang tidak rata
atau mengerut.
·
Ray Tracing : suatu metode berdasarkan pada prinsip fisik dari
ilmu optic geometris yang bisa menirukan pantulan berulang dan transparan.
·
Radiosity : suatu teknik untuk global illumination yang
menggunakan teori perpindahan radiatif untuk menirukan iluminasi secara tidak
langsung (yang dicerminkan).
·
Contoh Grafik komputer dalam
kehidupan sehari – hari :
CONTOH
KARYA ANIMASI DALAM SEBUAH FILM
2.Bidang Pendidikan,grafik
komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada
siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.
CONTOH
SEBUAH PRESENTASI
3.Computer Art
Computer art adalah penggunaan
komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun,
potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain
sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Gambar GIMP—Aplikasi Image editing untuk digital
art.
4.Video Game
Video game adalah permainan yang
melibatkan interaksi dengan user interface untuk
menghasilkan umpan balik berupa
visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar
di pasaran mulai yang sederhana 2
dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak,
seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang
standalone hingga online network,
seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile
Gambar Video game menggunakan
grafika komputer.Gambar ini adalah
permainan tertris dan permainan
sepakbola.
5.Computer-Aided Design (CAD)
CAD adalah alat bantu berbasis
komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain,
khusunya untuk sistem
arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam
mendesain bagunan, mobil,
pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah
tangga, dan berbagai produk
lainnya.
Contoh aplikasinya: AutoCAD.
6.Computer-Aided Sofware
Engineering (CASE)
CASE mirip dengan CAD tetapi
digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan Dalam memodelkan
user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur
program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer.
7. Virtual Reality
Virtual Reality adalah lingkungan
virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat Berinteraksi dengan
objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus
digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user
beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan. Contoh: aplikasi VR parachute
trainer yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini
dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan,
mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung
sesungguhnya.
8. Visualisasi Data
Visualisasi Data adalah
teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk Mengkomunikasikan
pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik
data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. Contoh: visualisasi
dari struktur protein, strutur suatu website, visualisasi hasil data mining.
Contoh pengolahan citra dalam
kehidupan sehari – hari :
1.Bidang kesehatan, digunakan
untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya
kelainan di tubuh.
CONTOH GAMBAR RONTGEN
2.Bidang visual, bisa digunakan
untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain
CONTOH GAMBAR YANG DI AMBIL OLEH
SATELITE
3.Mikroskop elektron adalah salah
satu contoh dari pengolahan citra dalam bidang kedokteran, yang di maksud
dengan mikroskop elektron adalah sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail
sangat kecil dengan kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan
elektron sebagai sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat
hingga 2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan
dalam patologi anatomi. Patologi anatomi
ini berfungsi untuk mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah
sangat dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk
diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan banyak
tugas-tugas lainnya.
Contoh aplikasi lainnya :
*
pemetaaan tutupan lahan dan pendeteksian perubahan lahan
*
penilaian pertanian dan monitoring
*
manajemen pantai dan sumber daya laut
*
explorasi mineral
*
explorasi minyak dan gas
*
manajemen sumber daya hutan
*
perencanaan kota dan pendeteksian perubahan lahan kota
• *
pemasangan dan perencanaan telekomunikasi
• *
oseanografi fisik
• *
pemetaan topografis dan geologis
• *
pemetaan dan pendeteksian es laut
Sumber
http://nurmanto.com/pengertian-grafika-komputer/
http://adittasap.wordpress.com/2012/09/27/grafik-komputer-dan-pengolahan-citra/
0 komentar:
Posting Komentar