Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 06 Januari 2013

PRESENTASI MENGGUNAKAN FLASH


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar belakang masalah

             Saat mendengar program flash, banyak yang terbersit pada bayangan adalah animasi, game, film kartun, tau sekedar pelengkap pada halaman blog atau website. Pada pengembangannya, flash dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti pembuatan banner, presentasi, company profile, desain web, kuis interaktif, maupun dalam pembuatan multimedia pembelajaran. Tetapi pada tulisan ini, akan dibahas mengenai penggunaan flash untuk pembuatan presentasi.
             Presentasi multimedia sendiri ada dua, yaitu presentasi multimedia otomatis dan presentasi multimedia interaktif. Pada presentasi multimedia otomatis, presentasi berjalan begitu saja tanpa ada interaksi dari responden. Sedangkan pada presentasi interaktif, memberikan ruang dan waktu bagi responden untuk mengikuti presentasi dengan lebih nyaman. Untuk bisa lebih interaktif sama dengan produk multimedia lainnya, presentasi menggunakan flash juga memuat komponen grafik atau gambar, text, video, sound dan animasi.

B.     Identifikasi masalah

Dalam identifikasi lembar identifikasi masalah ini terdapat beberapa masalah yang harus diuraikan pada proposal ini :
-          Kelebihan nmenggunakan macromedia flash dalam sebuah presentasi
-          Kekurangan menggunakan macromedia flash dalam sebuah presentasi

C.     Rumusan masalah

Berkaca pada identifikasi masalah dalam rumusan masalah dapat di simpulkan :
-          Mengapa menggunakan macromedia flash lebih interaktif digunakan sebagai media untuk presentasi
-          Beberapa kalangan yang akan menggunakn macromedia flash

D.     Tujuan penulisan ilmiah

Tujuan pembuatan Penulisan Ilmiah inadalah penulis ingin berusaha mengetahui seberapa pentingnya macromedia flash sebagai media yang digunakan untuk suatu presentasi yang akan lebih interaktif dengan audience beberapa kalangan yang akan menggunakan macromedia flash  sebagai media untuk presentasi.

E.       Manfaat penulisan ilmiah

Manfaat pembuatan Penulisan Ilmiah ini adalah supaya mengasah keterampilan penulis dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan sebagai bahan acuan untuk dapat membuat skripsi. Selain itu penulisan ilmiah bisa bermanfaat untuk semua orang.

BAB II
ISI

A.       Landasan teori

1.   Sejarah Macromedia Flash
Macromedia Flash adalah program yang sedang populer sekarang ini untuk membuat dan memanipulasi grafik,animasi dan untuk presentasi. Sekarang namanya adalah Adobe Flash, yang sebelumnya dikenal sebagai Macromedia Flash. Software ini adalah salah satu program yang paling umum digunakan untuk membuat halaman web animasi, video player dan aplikasi audio streaming. File flash berekstensi .SWF atau Shockwave Flash, meskipun banyak jenis file lainnya yang dapat dilihat atau dimanipulasi dengan software ini.

Sejarah Awal
Sejarah Flash dapat ditelusuri kembali ke tahun 1980-an, ketika siswa SMA Jonathan Gay menggunakan komputer Apple II yang sudah tua umurnya untuk membuat program gambar komputer. Dia mengajukan dan mengikutsertakan program yang dikenal sebagai SuperPaint dalam pameran sains sekolah. Setelah dia menang, program buatannya menarik perhatian bagi pengembang software lokal Charlie Jackson. Jackson sedang dalam proses memulai sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Silicon Pantai Software, yang akan menghasilkan program untuk jenis komputer Macintosh. Dengan sedikit dana yang tersedia untuk mempekerjakan para pengembang berpengalaman, Jackson Gay disewa untuk membantu menciptakan program-programnya.

2.      Pengertian Flash

Flash adalah adalah salah satu software yang merupakan produk unggulan pembuat animasi gambar vektor yang sangat diminati saat ini. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension *.swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript.
Macromedia flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan oleh para desainer untuk menghasilkan desain yang professional.

 Riwayat Macromedia flash hingga 2010

• FutureSplash Animator (10 April 1996)
• Flash 1 (Desember 1996)
• Flash 2 (Juni 1997)
• Flash 3 (31 Mei 1998)
• Flash 4 (15 Juni 1999)
• Flash 5 (24 Agustus 2000) - ActionScript 1.0
• Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002)
• Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) - ActionScript 2.0
• Flash MX Professional 2004 (versi 7) (9 September 2003)
• Flash Basic 8 (13 September 2005)
• Flash Professional 8 (13 September 2005)
• Flash CS3 Professional (sebagai versi 9,16 April 2007) - ActionScript 3.0
• Flash CS4 Professional (sebagai versi 10, 15 Oktober 2008)
• Adobe Flash CS5 Professional (as version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper)

Kekurangan dan Kelebihan HTML

Seperti yang kita tahu bahwa, setiap bahasa dan program mempunyai kelebihan dan Kekurangan. Ada baiknya kita mengetahui kelebihan dan kekurangan dari HTML sehingga kita bisa memaksimalkan pengetahuan dan wawasan kita dalam mengeksplorasi dunia browser.

Kelebihan-kelebihan HTML antara lain:

Merupakan bahasa penkodean yang lintas platform (cross platform), maksudnya HTML dapat digunakan pada berbagai jenis mesin komputer yang berbeda dan berbagai macam sistem operasi yang berbeda. Jadi bersifat fleksibel karena ditulis cukup dengan menggunakan editor karakter ASCII.
Dapat disisipi gambar baik gambar statis atau dinamis (animasi) termasuk menggunakan gambar untuk dijadikan hyperlink. Gambar di sini digunakan untuk merujuk pada suatu halaman web, dimana setiap titik-titik yang sudah didefinisikan berupa rectangular (kotak), poligon (kurva tak beraturan) atau lingkaran digunakan untuk 'jump' ke halaman lain, atau link ke halaman di luar web yang bersangkutan.
Dapat disisipi animasi berupa Java Applet atau file-file animasi dari Macromedia Flash atau Macromedia Shockwave (untuk keperluan ini, browser harus memiliki plug-in khusus untuk menjalankan file-file animasi ini).
Dapat disisipi bahasa pemrograman untuk mempercantik halaman web seperti Javascript, VBScript, Active Server Pages, Perl, Tcl, PHP dan sebagainya.
Bukan merupakan bahasa pemrograman jadi tidak memerlukan kompiler. Cara menjalanakannya cukup dengan menggunakan browser.
Adapun kekurangan dari HTML ini adalah:
Menghasilkan halaman yang statis, untuk memperoleh halaman yang dinamis harus menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti Javascript atau VBScript dan animasi seperti Flash atau Shockwave.
Memiliki tag-tag yang begitu banyak sehingga susah dipelajari untuk yang masih awam.
Tidak dapat menghasilkan halaman yang interaktif. Interaktif di sini maksudnya client dapat berinteraksi dengan server. Untuk keperluan itu, HTML harus disisipi bahasa pemrograman yang dapat menangani hal tersebut, contohnya Perl atau Tcl.

BAB III
PENUTUP

A.        Kesimpulan

-           Macromedia flash lebih interaktif dengan audience
-           Perlu keahlian khusus untuk menguasai macromedia flash
-           Aplikasi yang di gunakan mudah ditemukan di internet
-           Spek komputer yang digunakan tidak terlalu khusus

B.     Saran
Diharapkan semua kalangan bisa menggunakan macromedia flash sehingga presentasi lebih menarik lagi dan audience akan lebih memperhatikan apa yang di presentasikan. 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks bat infonya gan,, nice post http://obatherbalampuh.com/

Posting Komentar